MEMAHAMI SIKLUS KERJA MESIN 4-LANGKAH | 4-TAK SUZUKI THUNDER
Artikel ini adalah pelengkap artikel Suzuki Thunder dlm forum ini, dlm topik;
* BEDAH MESIN SUZUKI THUNDER
* BEDAH TERMODINAMIK MESIN SUZUKI THUNDER
* MOTOR, ALTERNATOR, DAN TRANSFORMATOR SUZUKI THUNDER
Suzuki Thunder EN 125 2007
Utk istilah teknik, silahkan merujuk artikel dlM forum ini, dlm topik:
* SEKITAR ISTILAH TEKNIK
Utk para brogader yg tak memiliki latarbelakang teknik, atau awam perihal permesinan, tak perlu memahami pos ini terlampau jauh, tp cukup sbg pengetahuan dan informasi saja.
Yg dimaksud mesin Suzuki Thunder adalah SIC 4S SI-PRICE (single-cylinder four-stroke spark-ignition petrol reciprocating internal-combustion engine). Lbh rinci ttg ini dikupas dlm forum ini, dlm topik:
* JENIS, MACAM, TIPE, DAN KATEGORI MESIN - SILSILAH MESIN SUZUKI THUNDER
Klasifikasi mesin Suzuki Thunder
Lokasi mesin Suzuki Thunder
Mesin Suzuki Thunder [model standar Indonesia] adalah mesin 1 silinder 4 langkah (1-cylinder 4-stroke), menggunakan 1 busi dengan 1 x percikan bunga-api listrik (single spark-plug with single electric spark), sehingga menggunakan knalpot tunggal. Yang dimaksud 4-langkah (4-taak; 4-task, 4-stroke) ini adalah 4 status termodinamik dalam siklus putaran mesin yg berlangsung 2 putaran 2 x 360 derajat atau 4 x 180 derajat, yaitu:
1. langkah pengambilan-masuk (intake) BBM atau langkah penghisapan (suction), dimana zuiger|piston turun dari TMA|TDP ke TMB|BDP
dan klep|katup masuk|ambil (intake valve) membuka sehingga silinder menghisap campuran BBM dan udara berasal dr karburator.
2. langkah pendesakan atau pemampatan (compression), semua katup tertutup, dimana zuiger|piston naik dari TMB|BDP ke TMA|TDP sehingga mendesak campuran BBM dan udara.
3. langkah pembakaran (combustion) dan penghasilan daya (power) atau pendayaan mesin, semua katup tertutup, dimana busi memercikkan bunga-api (vonk, spark} dan membakar campuran BBM dan udara dalam kamar bakar (combustion chamber) yang menghasilkan ledakan yang menendang zuiger|piston turun dari TMA|TDP ke TMB|BDP.
4. angkah pembuangan (exhaust) gas dan panas sisa pembakaran, dimana zuiger|piston naik dari TMB|BDP ke TMA|TDP dan klep|katup keluar|buang (exhaust valve) membuka sehingga membuangnya via knalpot.
Agar lbh jelas, perhatikan gambar dibawah ini.
Semoga uraian singkat ini utk sementara cukup bermanfaat. Utk ulasan rinci akan kita bahas kasus per kasus pd posting mendatang.
__________________________________________________
(C) 2006―2008 ― EE ONE S | Thunder Rider
HAKI (Hak Atas Kepemilikan Intelektual) karya tulis intelektual ini dilindungi oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia, dan juga oleh konvensi dan provisi internasional atas karya intelektual di tiap negara di seluruh dunia.
Tak sebagian pun dr tulisan, dokumen atau pagina jala ini boleh disalin, digandakan dan atau diperbanyak: diduplikasi, direplika, direproduksi, ditransmisi, ditranskripsi, ditranslasi kedlm bentuk bahasa apapun atau disimpan dlm satu sistem retrieval apapun; dlm bentuk apapun atau dlm cara apapun, mencakup tp tak terbatas pd cara optik, elektromagnetik, elektronik, elektromekanik, atau lainnya; utk maksud dan tujuan komersial; tanpa pemberitahuan dan perkenanan tertulis terlebih dulu dr pemilik hak atas karya intelektual ini.
Untuk non-komersial, penggunaan sebagai rujukan atau referensi, secara keseluruhan atau sebagian, harap cantumkan sumber informasi ini sebagai acuan.
_________________
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
SRAGEN THUNDER CLUB
- SRAGEN THUNDER COMMUNITY
- SRAGEN, JAWA TENGAH, Indonesia
- Berdiri sejak 2006. Resmi punya pengurus 29 Juni 2008.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar